Puasa Ramadhan

Standar

Apakah rasa malas mau ngapa-ngapain saat berpuasa itu suatu hal yang biasa? Bukankah, orang yang berpuasa itu justru malah memiliki semangat yang lebih dibandingkan orang yang tidak berpuasa? Jawabannya tergantung kita. Tergantung diri kita sendiri. Saya sendiri merasakan malas yang luar biasa saat puasa. Tapi tentu di hari-hari tertentu. Mungkin saat itu saya sedang gak enak badan atau sedang gak mood. Sah-sah saja bukan? Iman seseorang itu terkadang naik-turun. Kadang kita rajin ibadah. Kadang kita sangat rajin ibadah. Sebaiknya dan seharusnya rajin terus, tapi itu tadi iman seorang manusia itu kadang naik kadang turun.
Bolehkah saya beri contoh. Misalkan puasa ini kita lakukan karena Allah dengan puasa yang kita lakukan karena puasa di iming-imingi sesuatu. Misalkan dapat ini, dapat itu. Tentu berbeda hasilnya. Nilainya. Dan juga artinya. Orang yang berpuasa karena Allah karena dirinya yakin Allah akan membalas puasanya dengan beribu kebaikan dan akhirnya dia semangat menjalankan puasa tersebut. Tetapi bagi orang yang puasa karena di iming-imingi sesuatu dia tentu gak akan semangat kalau dia tidak mendapatkan apa-apa. Yang ada dalam pikirannya hanyalah balasan. Apa yang akan dia dapatkan jika berpuasa. Kalau tidak dapat apa-apa maka alhasil semangat puasanya akan luntur.
Manusia memiliki semangat. Memiliki motivasi untuk meraih sesuatu. Kadang jatuh dan kadang bangkit. Begitupun puasa. Kadang kita termotivasi puasa bahwa orang yang berpuasa sebulan penuh adalah orang yang penuh kemenangan. Sedangkan saat tak ada motivasi untuk berpuasa sebulan penuh merasa kemenangan itu tak penting yang penting di hari tersebut kita juga ikut merayakannya. Tepat sekali! Hari kemenangan itu adalah hari raya idul fitri. Dan puasa yang saya maksudkan adalah puasa di bulan Ramadhan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s